Ketuk/Klik salah satu layanan kontak kami Whatsapp atau telp langsung
Chat WhatsApp
Saev
Mengenal Jenis Buis Beton dan Bahan Pembuatannya

Mengenal Jenis Buis Beton dan Bahan Pembuatannya

Buis Beton merupakan salah satu bagian penting dalam konstruksi. Beton pracetak yang bisa dibuat di pabrik secara masal ini menjadi favorit bagi pembangunan gorong-gorong maupun sauluran air.

Berbeda dengan jensi gorong-gorong lain, produk ini memiliki ciri yang unik. Produk ini dibuar dari beton dan bentuknya berupa penampang seperti halnya sebuah pipa. Jadi, untuk penyaluran air maupun limbah relatif alamn tanpa takut mencemari lingkungan di sekitarnya.

Bahan Pembuatan Buis Beton

Seperti halnya pembuatan beton pracetak lainnya, produk ini dibuat dari material berupa semen, agregar halus dan agregat kasar. Dibutuhkan pula air agar semen bisa merekat bersama material lainnya.

Pembuatan pipa beton ini juga bisa sesuai kebutuhan maupun pesanan. Ada produk pipa beton yang dibuat dengan tulangan muapun dengan tulangan.

Buis beton dengan Tulangan

Untuk produk dengan tulangan, tentu harganya lebih mahal. Hal ini tak lain karena ahrag tulangan juga tidak murah.

Belum lagi, tulangan akan membuat beton precast ini lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Jika nantinya terjadi kerusakan pada bagian tertentu buis beton ini maka bisa diperbaiki. Hal inilah yang membuat produk buis beton dengan tulangan bisa jadi pilihan Anda.

Tulangan yang digunakan merupakan rangkaian besi baja yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai jaring-jaring yang ditanam ke dalam cetakan. Fungsinya sebagai penguat mortar. Jadi, untuk konstruksi saluran air yang bsia dilalui kendaraan, produk ini adalah pilihannya.

Baca juga:

Harga Pagar Panel Beton

Buis beton tanpa tulangan

Sedangkan produk tanpa tulangan bisa jadi alternatif yang lebih murah dan mudah didapatkan. Namun, produk ini tak akan sekuat tulangan dan pipa akan renatn rusak jika dilewati kendaraan.

Pengguannya bisa untuk gorong-gorong standar dan penyerapan air di tepi jalan yang tidak dilalui kendnaraan berat. Produk ini pun telah cukup dari segi kekuatannya untuk penggunaan tersebut.

Penggunaan Buis Beton Secara Umum

Bukan hanya sebagai gorong-gorong, akan tetapi produk ini bisa jadi alternatif berbagai konstruksi, seperti halnya :

  • Septic tank
  • Sumur
  • Cakar ayam

Selain itu, masih banyak lagi penggunaan produk Buis Beton yang lebih luas. Karena itulah, maka keberadaannya sangat penting. Jenisnya oun beragam salah satu jenis busi beton yang unik adalah beton non pasir. Bentuknya ada yang bulat utuh dan ada yang setengah lingkaran. Fungsinya pun sama yaitu bisa sebagai gorong-gorong maupun saluran air.

Akan tetapi, gorong-gorong dari beotn non pasir ini memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya ialah karena air yang nantinya lewat tidak akan meresap ke dinding beton. Dengan keadaan seperti ini, maka jalu air akan lebih lancar.

Baca juga:

Harga Box Culvert

Bukan hanya dari materialnya saja, akan tetapi pipa beton juga dibedakan dari ukurannya. Ada produk dengan diameter 20 hingga 60 cm saja. Sedangkan untuk penggunaan laen, seperti septic tank, maka ukuran  umumnya ialah 80 hingga 100 cm.

Dengan kata lain, jenis maupun ukuran dari Buis Beton didasarkan pada penggunaannya. Jika ingin produk dengan ukuran khusus juga bisa diajukan ke produsen. Pesanlah produk dengan ukuran yang dikehendaki untuk penggunaan proyek yang diinginkan.

Untuk proudk resapan air, atau saluran pada umumnya, beton precast berbentuk pipa ini memang direkomendasikan. Hal ini karena resapan sangat tinggi dan mampu menahan  tekanan beton meskipun cukup berat.

Baca juga:

Harga Pipa Beton

Untuk pemasangan di lokasi konstruksi, maka harus memakai tenaga berpengalaman untuk hasil terbaik. Hal ini terkait dengan presisi pemasangan yang harus sempurna.

Leave a Reply