Ketuk/Klik salah satu layanan kontak kami Whatsapp atau telp langsung
Chat WhatsApp
Saev

Ini Dia Kegunaan Helix Pile dan Mekanismenya

Helix pile merupakan pondasi yang meperkuat struktur bangunan berbentuk tiang berulir. Selain itu, terdapat mekanismen dan keunggulan dari penggunaan helix pile.

Penggunaan helix pile biasanya dilakukan secara berkelompok sebagai perkuatan dalam sebuah konstruksi. Pondasi ini dikenal sebagai pondasi tiang berulir merupakan pondasi dari tiang baja yang memiliki uliran atau helix di dalam satu tiang.

Apa Saja Kegunaan Helix Pile?

Helix tersebut memiliki kegunaan sebagai penambah daya dukung pondasi tiang. Pondasi ini biasa dimanfaatkan untuk struktur menara atau tower dan mercusuar.

Helix pile menggunakan helical plate atau uliran. Sedangkan penggunaan helical plate pada helix pile dimanfaatkan untuk perbesaran titik penahan yang berasal dari pondasi.

Sejarah Penggunaan Helix Pile

Pondasi tiang ini dicetak secara fabrikasi terdiri atas satu maupun lebih dari plat helical yang dirangkai dengan memutar pondasi tersebut menuju kedalaman tanah.

Pondasi ini pertama kali ditemukan oleh Alexander Mitchell seorang penemu dari inggris di tahun 1833. Pondasi yang ditemukan dapat dijadikan sebagai pendukung mercusuar yang dibangun di atas tanah berpasir di tahun 1838.

Mercusuar tersebut dikenal sebagai Mercusuar Maplin Sands terletak di Sungai Thames di Negara Inggris. Kapasitas daya dukung tiang dapat mempengaruhi oleh kapasitas daya dukung yang ditujukan di setiap tiang.

Baca juga:

Alat Uji Beton

Perhitungan Daya Dukung Pondasi Kelompok Helix Pile

Kapasitas daya dukung kelompok tiang juga dapat dilakukan perhitungan yang didasarkan atas block failure. Apabila ingin melakukan perhitungan daya dukung pondasi kelompok helix pile. Maka perhitungan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

  • Metode Silinder Geser
    Metode ini dilakukan dengan didasarkan atas keruntuhan block atau lebih dikenal sebagai block failure. Perhitungan menggunakan kapasitas daya dukung.
  • Kapasitas Daya Dukung Satu Tiang
    Perhitungan didasarkan atas kapaistas daya dukung satu tiang dengan mengalikannya dengan jumlah tiang.
    Penggunaan metode ini merupakan kombinasi antara daya dukung ujung yang berada di bawah pelat paling mendasar. Sedangkan, kuat geser dibentuk berdasarkan silinder tanah dengan menggunakan tanah dan daya adhesi.

Baca juga:

Harga Pagar Panel Beton

Keuntungan Helix Pile

Pondasi tiang ini merupakan pondasi yang mulai diminati dalam proses konstruksi. Hal ini dikarenakan adanya keuntungan yang bisa didapatkan. Beberapa keuntungannya meliputi, tidak adanya efek atau pengaruh yang dapat mengganggu kawasan pemukiman sekitar, seperti gangguan getaran, bising maupun limbah lumpur.

Selain itu, perhitungan nilai untuk daya dukung pondasi ini dapat dilakukan dengan cara konversi torisu yang didapatkan saat dilakukan pemasangan. Pondasi ini dapat dipakai sebagai penahan gaya tekan maupun tarik.

Pondasi juga sering dimanfaatjan sebagai pendukung strujtur dengan menggunakan beban sederhana dan menara transmisi serta proyek perumahan, underppins untuk penggalian.

Keunggulan lainnya helix pile dapat dijadikan satu ke dalam satu grup sebagai penerima beban-beban lebih besar. terutama untuk konstruksi yang bersifat komersial.

Baca juga:

Harga Box Culvert

Bagaimana Mekanisme Helix Pile?

Mekanisme pada pondasi tiang helix memiliki dua metode dalam penentuan daya dukung atas teori mekanika tanah. Kedua metode tersebut meliputi, Individual Bearing dan Cylindrical Shear.

Metode Individual Bearing Helix Pile

Mekanisme ini dapat diasumsikan pada tiap plat helical bearing akan mengalami penurunan. Proses ini merupakan karakter mode pada kehancuran atau keruntuhan daya dukung pada pondasi tiang. Penyebaran tegangan secara sama dan seragam terjadi berada di bawah tiap plat helical bearing.

Terdapat daya dukung batas merupakan jumlah total kapasitas dukungan di tiap-tiap plat helix. Setelah itu, dilakukan penambahan gaya adhesi di permukaan pondasi. Jika kedua jarak antar plat helix atau uliran terlalu besar.

Maka, tiap-tiap helix dapat melakukan tindakan secara mandiri. Hal ini menunjukkan bahwa daya dukung tumpuan pada helix pile adalah jumlah total atau keseluruhan kapasitas individu pada plat helix. Mekanisme ini dikenal sebagai metode individual bearing.

Baca juga:

Harga U Ditch

Metode Cylindrical Shear Helix Pile

Sedangkan, mekanisme cylindrical shear dapat dilakukan apabila keuda jarak antar plat kecil. Maka akan menghasilkan mekanisme berbeda. Maksudnya, keseluruhan plat bearing helix akan bertindak secara kelompok atau saling bekerja sama.

Hal ini menunjukkan kapasitas daya dukung pada tiang helix adalah penggabungan antara bearing sebagai base plat helix. Selain itu, terjadi gaya gesek di sepanjang silinder tanah.

Kapasitas daya pendukung pada batas pondasi helical berdasarkan teori ini adalah jumlah menyeluruh tegangan geser yang ada disepanjang silinder maupun gaya adhesi yang berada di sepanjang shaft.

Leave a Reply